Friday, June 9, 2017

[Book Review] Kitchen I oleh Jo Joo-Hee (Warning: hati-hati ngiler, hihihi)


“Tempat Semua Kisah Dimulai”

Judul : Kitchen vol. 1
Penulis & Ilustrator : Jo Joo-Hee
Translator : Mayang Ratu Negara
Penerbit : Penerbit Noura Books
Terbit : Cetakan I, Februari 2015
Tebal : 176 hlm.
ISBN : 978-602-1306-05-5


Blurb:

Panekuk kentang yang manis dan hangat? Bisa mengakrabkan hubunganmu dengan teman baru.

Sup panas dan lezat? Membawamu terbang ke rumah dan mengobati rindu pada orang terkasih.

Seafood segar? Cocok untuk melepas penat sambil berkumpul dengan sahabat.

Mana yang sesuai dengan seleramu? Pilih menunya di dapur kehidupan lewat kisah inspiratif Kitchen.

Review:

Dapur dan makanan layaknya dua hal yang berhubungan bagai sayur sop dengan penyedapnya. Memang tidak selamanya makanan akan diracik di dalam dapur, namun apa yang lakukan di dapur jikalau tidak sedang membuat sebuah racikan?

‘Kitchen’adalah komik berseri yang terdiri dari seri satu hingga seri tiga, iya hanya tiga, jadi pembaca bisa melengkapi serinya dengan cepat.

‘Kitchen’ merupakan sebuah komik yang disajikan dengan cukup menarik. Komik yang satu ini adalah komik generasi berwarna, jadi pembaca akan dimanjakan oleh komposisi warna. Pembaca bisa menikmati setiap certitanya seperti sedang menonton alih-alih membaca.

Selain itu, jika komik pada umumnya akan menyajikan sebuah cerita dalam satu buku, maka komik karya Jo Joo-Hee ini menyuguhkan kumpulan cerita pendek sederhana dalam satu buku, jadi inilah kumpulan cerita pendek versi komik.

Komikusnya pun berpendapat bahwa:

“Komik pun pada akhirnya adalah sebuah cerita.”

Karena aku merupakan salah satu penggemar makanan, jadi tema makanan yang diangkat dalam cerita sangatlah menarik! Seperti jika sedang menonton drama korea, aku selalu menyukai scene memasak di dapur, hehe.

Sebuah buku yang terdiri dari 16 judul cerita berbeda dan disetiap ceritanya terdapat sejumput kelezatan dari makanan-makanan yang berbeda pula. Dari sini para pembaca seakan dikenalkan dengan keanekaragaman makanan asal Korea Selatan yang diselipkan pada kisah para remaja hingga kisah pasangan suami istri. Cocok banget buat kamu yang suka dengan hal-hal yang berbau Korea.

Dengan membaca buku yang satu ini, penulis akan membuatmu merasakan berbagai emosi, rasa bahagia, rasa sedih, dan sesekali penuliskan akan membuat pembaca tertawa. Dari kumpulan cerita komik yang disajikan, ada beberapa yang menjadi favoritku, yaitu:

  • Donkkase kecil.
   Bercerita tentang seorang remaja laki-laki yang sedang berusaha membuat makann di dapur. Alhasil, dapur pun dibuat heboh dengan letusan minyak dari penggorengan.
“Ternyata ini alasan para perempuan sulit menyerah! Api yang membara, di depan minyak panas begini pun tidak gentar!” –hal. 48
  • Untukmu yang terakhir kali.
   Berceritakan tentang sepasang kekasih yang akan menyudahi hubungan mereka, namun sang wanita meminta pada kekasihnya untuk memakan hidangan terakhir yang dapat ia sajikan sebelum mereka benar-benar berpisah. Dalam cerita ini sedikit creepy tapi pada akhirnya menggelikan.
  • Perang Dunia I: Perang Rajungan.
    Bercerita tentang ibu mertua yang datang mengunjungi anak lelakinya yang telah menikah. Tetapi semuanya jadi sedikit kacau ketika sang istri membuka sebuah kotak yang dibawa oleh ibu mertuanya, ternyata isinya adalah sekumpulan rajungan yang masih hidup.

Selain itu, aku juga menemukan beberapa kutipan yang aku suka di dalam buku ini, yaitu:

“Karena itu, selama kita terus dan selalu berusaha menjadi yang terbaik, maka semua akan baik-baik saja, kan?” –hal. 13

“Suamiku berkata padaku agar jangan berusaha terlalu keras untuk melawan takdir. Juga jangan bergantung pada harapan semu.” –hal. 113

“Berjuanglah dalam hidupmu. Cicipilah semua rasa kehidupan sepuas-puasnya.” –hal. 136

Untuk penutup, aku akan memberikan spoiler beberapa makanan yang ikut andil dalam komik ‘Kitchen’ seri pertama, siap-siap jangan ngiler ya… hihihi

  • Doenjang Jjigae (Sup Tauco)
          Resep
  • Donkkaseu
          Sumber gambar
          Resep
  • Roti isi kacang merah
          Resep
  • Yukgaejang

          Sumber gambar
          Resep

Nah itu dia tadi beberapa sajian beserta resepnya yang aku dapat dari internet, mungkin setelah membaca komik karangan Jo Joo-Hee yang satu ini, pembaca ingin mencoba beberapa makanan yang mudah dibuat di rumah, wah benar-benar lezat kelihatannya.

Oh ya, seperti yang aku bilang tadi bahwa komik ini terdiri dari tigas seri, kalian bisa memulai dari seri yang mana saja karena komik ini merupakan kumpulan cerita pendek, tapi tetap saja lebih asyik kalau bisa mengoleksi ketiganya, aku sangat merekomendasikan kalian pecinta Korea khususnya untuk membaca komik yang satu ini.


5 dari 5 bintang untuk komik ‘Kitchen’ karangan Jo Joo-Hee yang berwarna dan lezat!

0 comments:

Post a Comment

 

Keep Moving! Template by Ipietoon Cute Blog Design